Penjelasan dan Cara Penggunaan Constants C# Asp.Net


Constants adalah nilai tetap yang diketahui pada waktu kompilasi dan tidak berubah untuk life program. Constants dinyatakan dengan const modifier. Hanya tipe C # built-in (tidak termasuk System.Object) yang dapat dinyatakan sebagai const. Untuk list built-in, lihat Tabel Tipe Built-in.

Tipe data yang ditentukan user, termasuk kelas, struct, dan array, tidak dapat berupa const.
Gunakan modifier hanya untuk membuat class, struct, atau array yang diinisialisasi satu kali saat runtime (misalnya di konstruktor) dan selanjutnya tidak dapat diubah.

C # tidak mendukung metode const, properties, atau events. Tipe enum memungkinkan kita mendefinisikan constants dinamik untuk tipe built-in integral (misalnya int, uint, long, dan sebagainya).
Constants harus diinisialisasi seperti yang dideclar. Sebagai contoh:
class Calendar1
{
    public const int months = 12;
}
Dalam contoh ini, months konstan selalu 12, dan tidak dapat diubah bahkan oleh class itu sendiri. Sebenarnya, ketika compiler menemukan pengenal constans dalam source code C # (misalnya, month), itu menggantikan nilai literal langsung ke intermediate language (IL) yang dihasilkannya.

Karena tidak ada alamat variabel yang terkait dengan konstanta pada saat run time, field const tidak dapat dipassing oleh referensi dan tidak dapat muncul sebagai nilai-l dalam ekspresi.
Beberapa Constants tipe yang sama dapat dideklarasikan pada waktu yang sama, misalnya:
class Calendar2
{
    const int months = 12, weeks = 52, days = 365;
}
139/5000 Ekspresi yang digunakan untuk menginisialisasi sebuah constant dapat merujuk ke constant lain jika tidak membuat referensi circular. Sebagai contoh:
class Calendar3
{
    const int months = 12;
    const int weeks = 52;
    const int days = 365;

    const double daysPerWeek = (double) days / (double) weeks;
    const double daysPerMonth = (double) days / (double) months;
}
Constant dapat ditandai sebagai public, private, protected, internal, protected internal or private protected. Akses modifier ini menentukan bagaimana pengguna class dapat mengakses constant. Constant diakses seolah-olah field statis karena nilai constant sama untuk semua instance tipe ini.

Kita tidak menggunakan keyword statis untuk mendeclarenya. Ekspresi yang tidak ada di class yang mendefinisikan constant harus menggunakan nama class, period, dan nama constant untuk mengakses constant. Sebagai contoh :
int birthstones = Calendar.months;
Previous
Next Post »