Pemrograman C #


Kami mencoba menterjemahkan msdn kedalam bahasa indonesia terutama Pemrograman c# agar kita dapat lebih mudah dalam memahami Pemrograman c#.
Kita akan membahas Pemrograman c# dengan ruang lingkup antara lain :

1. Panduan Bahasa C#

C # (dibaca "C Sharp") adalah bahasa pemrograman yang dirancang untuk membangun berbagai aplikasi yang berjalan di .NET Framework. C # simple, powerful, aman, dan berorientasi objek. Banyak inovasi di C # memungkinkan pengembangan aplikasi yang cepat sementara tetap mempertahankan ekspresi dan keanggunan gaya bahasa C.

Visual C # merupakan implementasi dari bahasa C # oleh Microsoft. Visual Studio mendukung Visual C # dengan adanya fitur editor lengkap, compiler, template project, desainer, debugger powerful dan mudah digunakan, dan alat-alat lainnya.

Library kelas .NET Framework menyediakan akses ke banyak layanan sistem operasi dan berguna, kelas lain yang dirancang dengan baik yang mempercepat siklus pengembangan signifikan. Kita dapat menggunakan C # untuk membuat aplikasi klien Windows tradisional, Web Service XML, komponen terdistribusi, aplikasi client-server, aplikasi database, dan masih banyak lagi.
Visual C # menyediakan code editor lanjutan, perancang antarmuka pengguna yang mudah digunakan, debugger terintegrasi, dan banyak alat lainnya.

Selain prinsip-prinsip dasar berorientasi objek ini, C # memudahkan pengembangan komponen perangkat lunak melalui beberapa konstruksi bahasa yang inovatif, termasuk yang berikut ini:

1. Encapsulasi
2. Properties,
3. Attributes,
4. Inline XML,
5. Language-Integrated Query (LINQ).

  • Arsitektur Platform

Program C # dijalankan di .NET Framework, komponen integral Windows yang mencakup sistem eksekusi virtual yang disebut common language runtime (CLR) dan seperangkat kelas libraries terpadu. CLR adalah implementasi komersial oleh Microsoft mengenai common language infrastructure (CLI), sebuah standar internasional yang menjadi dasar untuk menciptakan lingkungan eksekusi dan pengembangan di mana bahasa dan Libraries bekerja sama secara mulus.

Source code yang ditulis dalam C # dikompilasi menjadi intermediate language (IL) yang sesuai dengan spesifikasi CLI. Kode IL dan resources, seperti bitmap dan string, disimpan di disk dalam file eksekusi yang disebut assembly, biasanya dengan ekstensi .exe atau .dll. Assembly berisi manifes yang menyediakan informasi tentang jenisnya, versi, culture, dan persyaratan assembly.

Ketika program C # dijalankan, assembly dimasukkan ke dalam CLR, yang mungkin mengambil berbagai tindakan berdasarkan informasi di manifes. Kemudian, jika persyaratan keamanan terpenuhi, CLR melakukan just in time (JIT) untuk mengubah kode IL menjadi instruksi mesin asli. CLR juga menyediakan layanan lain yang terkait dengan garbage collection, exception handling, dan source code management.

Kode yang dijalankan oleh CLR terkadang disebut sebagai "kode terkelola", berbeda dengan "kode yang tidak dikelola" yang dikompilasi ke dalam bahasa mesin asli yang menargetkan sistem tertentu. Diagram berikut mengilustrasikan hubungan kompilasi waktu dan run-time dari file kode sumber C #, Libraries kelas .NET Framework, assembly, dan CLR.

Bahasa Interoperabilitas adalah fitur utama dari .NET Framework. Karena kode IL yang dihasilkan oleh kompiler C # sesuai dengan Common Type Specification (CTS), kode IL yang dihasilkan dari C # dapat berinteraksi dengan kode yang dihasilkan dari .NET versi Visual Basic, Visual C ++, atau lebih dari 20 lainnya. Bahasa CTS-compliant. Rakitan tunggal mungkin berisi beberapa modul yang ditulis dalam bahasa NET yang berbeda. Dan jenisnya bisa saling merujuk seolah-olah ditulis dalam bahasa yang sama.

Selain layanan run time, .NET Framework juga mencakup libraries ekstensif dengan lebih dari 4000 kelas yang diatur ke dalam namespaces yang menyediakan berbagai fungsi berguna untuk segala hal mulai dari masukan dan keluaran file hingga manipulasi string hingga penguraian XML, hingga kontrol Windows Forms. Aplikasi C # yang khas menggunakan libraries kelas .NET Framework secara ekstensif untuk menangani tugas umum "plumbing".

  • Panduan Pemrograman C # meliputi :

1. Pemrograman C #
2. Edit Delete Di dalam program C #
3. Array
4. Classes and Structs
5. Delegates
6. Enumeration Types
7. Events
8. Exceptions and Exception Handling
9. File System and the Registry
10. Generics
11. Indexers
12. Interfaces
13. Interoperability
14. Main() and Command-Line Arguments
15. Namespaces
16. Nullable Types
17. Programming Concepts
18. Statements, Expressions, and Operators
19. Strings
20. Types
21. Unsafe Code and Pointers
22. XML Documentation Comments

2. Contoh Aplikasi

Wanatechno menggunakan Visual Studio 2012 dan Sql Server 2012 dalam membuat semua aplikasi, mari kita samakan alat untuk develop demi kenyamanan kita bersama.

contoh aplikasi :

using System;

namespace HelloWorldApplication {

   class HelloWorld {

      static void Main(string[] args) {
         /* my first program in C# */
         Console.WriteLine("Hello World");
         Console.ReadKey();
      }
   }
}

Reference : https://docs.microsoft.com/en-us/dotnet/csharp/programming-guide/
Previous
Next Post »